"Penyeleksian untuk ke Harvard dari 200 orang dengan kemampuan bahasa Inggris yang bagus, pemahaman UN (PBB) yang bagus, kemudian terambil tujuh orang untuk keberangkatan," papar Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Arman Nefi ketika dihubungi Republika, Jumat (23/2).

Di tahun ke sepuluhnya dalam ajang ini, UI kembali membawa dua penghargaan. Salah satu diantaranya setara dengan juara keempat dari tertinggi. Arman menuturkan bahwa UI bangga karena mendapat penghargaan di kompetisi prestisius ini.

"Tujuh mahasiswa itu sangat ketat seleksinya dan latihan telah dilakukan delapan bulan sebelum berangkatan. Kita seleksi dari sisi prestasi, kemampuan bahasa Inggris, kemampuan pemahaman terhadap substansi, karena nanti akan ditempatkan di komisi-komisi tertentu," lanjutnya.

Ketujuh delegasi masih berada di Amerika Serikat dan direncanakan pulang pada 26 Februari mendatang. "Disamping mengikuti HNMUN mereka ada latihan dan ada kunjungan diplomatik ke KBRI di Washington DC dan mampir ke KJR di New York," tutupnya. [nar/rep]