BALIKPAPAN -- Turnamen sepak bola bertajuk Trofeo Battle of Borneo (BOB) akan menghadirkan laga tiga klub elite, yakni Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Persiba Balikpapan. Turnamen ini akan digelar di Stadion Batakan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada 3 Maret 2018.

"Ketiganya akan saling berhadapan masing-masing 1 kali 45 menit, dengan jeda 15 menit antarpertandingan," kata Presiden Direktur M-Enterprise Asril Sadikin Satar, Jumat (16/2).

M-Enterprise menjadi penyelenggara turnamen yang digelar dalam rangka HUT ke-121 Kota Balikpapan ini. Tim yang menjadi juara adalah yang mendapat poin terbanyak atau juga dengan selisih gol lebih baik.

Ketiga tim peserta menyambut baik BOB mengingat klub-klub itu sangat memerlukan pertandingan uji coba untuk mengevaluasi berbagai program latihan yang sudah dijalankan menjelang kompetisi Liga 1 bergulir. "Jadi pertandingan ini akan sangat bermanfaat, terlepas dari hadiahnya," kata Sekretaris PSM Widya Syadzwina.

Pertandingan persahabatan ini memperebutkan hadiah Rp 100 juta bagi juara. Runner-up bisa tersenyum dengan mengantongi Rp 75 juta dan juru kunci tempat ketiga masih membawa pulang Rp 50 juta.

Panitia mencetak 20 ribu lembar tiket seharga Rp 50 ribu per lembar. Calon penonton bisa mendapatkannya dengan membeli langsung ataupun via online melalui laman battelofborneo.com dan mendapat diskon 20 persen atau tinggal membayar Rp 40 ribu per lembar. "Kalau beli langsung bisa datang ke Hotel Platinum, ada outletnya," kata Ryanezard, Ketua Panitia.

Turnamen segi tiga dengan aturan khusus ini dipopulerkan klub-klub Lega Calcio atau Liga Italia. Turnamen yang terkenal di antaranya Trofeo Berlusconi atau Piala Berlusconi yang mempertemukan AC Milan dengan tim pilihan, seperti misalnya juara Liga Eropa atau dulu disebut Piala UEFA. [dn/rep]