KOTA BOGOR -- Taman Sempur yang terletak di Bogor Tengah, Kota Bogor akan direvitalisasi oleh Pemerintah Kota. Revitalisasi dilakukan pada bagian jogging track atau jalur lari yang menjadi lintasan atletik taman tersebut.

"Revitalisasi dilakukan pada bagian jalur larinya, diubah menjadi lintasan atletik. Awalnya jalur tersebut menggunakan batu kerikil akan diganti dengan bahan karet sintetik berwarna biru," ujar Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor Agus Gunawan dalam keterangannya, Selasa (20/3).

Rencananya revitalisasi akan dilakukan April hingga Agustus 2018 ini dengan anggaran Rp 2,3 miliar. Selain Taman Sempur, Pemkot juga akan mengubah lapangan yang berada di Jalan Manunggal, Menteng, Bogor Barat menjadi sebuah Taman.

Lapangan yang kerap dijadikan tempat bermain sepak bola dan area panahan ini akan ditata ulang estetikanya serta mengubah layout atau bentuk taman agar lebih Indah. Untuk revitalisasi ini, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 1 miliar.

"Lapangannya akan dipercantik tanpa mengubah fungsinya. Masyarakat tetap bisa dipakai untuk latihan sepak bola bagi pemula atau remaja dan juga panahan," lanjutnya.

Taman tersebut disebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track, tribun, tempat ganti, toilet, arena tempat bermain anak hingga dibuatkan zona Pedagang Kaki Lima (PKL) khusus kuliner. Pembangunan akan dilakukan setelah proses lelang selesai, sekitar bulan April atau Mei.

Kedepannya Pemkot juga akan membentuk paguyuban dari masyarakat sekitar sebagai pengelola Taman Manunggal. Fungsi dari paguyuban ini betugas untuk membuat penjadwalan dan bertanggung jawab atas Taman Manunggal.

Selain merevitalisasi dua taman tersebut, pemerintah juga akan membangun beberapa taman baru di area pemukiman. Beberapa yang disebutkan yaitu, taman lingkungan Gang Kelor, taman bermain anak Perumahan Villa Tajur Indah, taman lingkungan Sukasari, taman Calincing, taman jalur jalan Lawang Gintung, jalur hijau perumahan Lippi Tajur, ruang terbuka hijau Kedung Halang, taman fasum perumahan Graha Indah, taman bermain anak Ciwaringin dan taman Panaragan.

"Semuanya memakai dana APBD. Jika di total anggaran revitalisasi taman 2018 mencapai Rp. 4,6 Miliar, sementara anggaran perawatan taman se-kota Bogor selama satu tahun Rp. 4,1 Miliar," ucap Agus. [ags/rep]