SUKABUMI -- Kereta Api (KA) Pangrango Sukabumi-Bogor mulai dioperasikan kembali hingga Bogor. Pengoperasian tersebut dilakukan mulai Selasa (20/2) pagi.

Sebelumnya, jalur KA Pangrango sempat dihentikan karena terjadi longsor di lintasan rel yang berada di Cijeruk Kabupaten Bogor pada Senin 5 Februari 2018 lalu. KA Pangrango dioperasikan kembali pada 10 Februari 2018 namun baru dari Stasiun Sukabumi hingga Stasiun Cigombong. Pada waktu itu kereta belum bisa melintasi Stasiun Maseng, Batutulis, dan Bogor.

"Mulai hari ini KA Pangrango mulai normal," ujar Kepala Stasiun Sukabumi Heru Salam kepada wartawan Selasa (20/2). Rencananya kata dia pada pemberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 10.25 WIB akan menuju Bogor.

Menurut Heru, pada pemberangkatan sebelumnya pukul 05.15 WIB penumpang sampai Stasiun Cigombong. Namun rangkaian kereta KA Pangrango diuji coba hingga ke Bogor.

Seperti diketahui jadwal pemberangkatan KA Pangrango dari Sukabumi dengan jadwal pukul 05.15 WIB, 10.25 WIB, dan 15.45 WIB. Sementara pemberangkatan dari Bogor pukul 07.50 WIB, 13.10 WIB, dan 18.30 WIB.

Heru menerangkan biasanya penumpang KA Pangrango ini selalu penuh terutama pada momen akhir pekan. Kapasitas penumpang KA Pangrango mencapai sebanyak 474 orang yang terdiri atas kelas eksekutif 50 orang dan ekonomi 424 orang.

Salah seorang warga Sukabumi, Rahman (32 tahun) menyambut baik pengoperasian KA Pangrango. "Saya kembali naik kereta karena lewat jalan raya seringkali macet," cetus dia. [ags/rep]